Contoh Statement Analysis

Di setiap workshop Statement Analysis yang saya adakan, saya selalu membahas contoh-contoh kasus nyata yang ada di masyarakat, salah satunya adalah kasusnya Jessica yang menyita perhatian banyak orang. Dan potongan foto di bawah ini adalah salah satu contoh yang saya gunakan dalam materi workshop.

Detik.com (20/1/2016) pernah menayangkan ucapan Jessica saat dia diperiksa di Mapolda Metro Jaya. Salah satu statement Jessica di bawah ini yang menjadi sorotan saya adalah : “Tidak ada hubungannya (dengan kematian Mirna ). Saya sedih saja…..”
Di dalam salah satu teknik analisis Statement Analysis pernyataan ini mengindikasikan bahwa Jessica menghindari keterlibatan (menjauhkan diri) dengan kejadian yang ada. Dan, kata saja dibelakang kata sedih, mementahkan efek emosional yang terjadi, sehingga menjadi ungkapan emosional yang basa basi. 

Contoh lain : perhatikan kata-kata seperti ini : saya senang saja, saya takut saja, saya kaget saja. Dengan adanya kata saja, maka menjadi ungkapan emosional yang basa-basi. Salah satu fungsi Statement Analysis adalah mengidentifikasi kata/kalimat yang basa-basi.

Analisis statement ini digunakan untuk pembelajaran dalam teknik Statement Analysis, bukan untuk mengambil kesimpulan suatu kasus.